Choy Douryou

Tips Blogging, Template, Tutorial

Sejarah Awal Mula Adanya Panjat Pinang





Kalian tahu nggak panjat pinang? Pasti tahu, itu yang selalu dimainkan pada peringatan proklamasi Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Ya Panjat Pinang merupakan sebuah aktifitas permainan, hiburan, dan sebagainya. Biasanya Panjat Pinang, Memanjat sebuah bambu yang dilumasi oleh oli, atau yang licin. dan diatas puncaknya terdapat banyak hadiah menarik, dari sedotan sampai mobil pun ada.

Lombanya sederhana sebatang pinang dilumuri pelumas dan pada bagian ujung atasnya dipasang bendera merah putih dan aneka hadiah menarik. Perserta harus dikira-kira berjumlah 5 orang harus bersusah payah memanjat untuk meraih hadiah di atas itu. Dibutuhkan strategi dan keahlian memanjat dalam perlombaan ini, tidak jarang yang gagal dalam perlombaan ini. Haha, mereka kurang beruntung.

Dibalik meraihnya perlombaan itu ternyata kita mengingatkan penjajahan Belanda terhadap warga pribumi. Di kutip dari laman id.wikipedia.org/wiki/Panjat_Pinang disebutkan perlombaan ini jadi objek bahan tertawaan penjajah Belanda. Sejarahnya Panjat pinang berasal dari zaman penjajahan Belanda, diadakan saat acara besar seperti hajatan, pernikahan, dan lain-lain. Persertanya orang-orang pribumi yang memperebutkan "Barang Mewah" waktu itu, biasanya bahan makanan seperti keju, gula, pakaian kameja, dan lain-lain.

Ketika orang itu bersusah payah untuk memperebutkan hadiah, para orang-orang Belanda menonton sambil tertawa. Tata cara permainan ini belum berubah sejal dulu. Ternyata Permainan Panjat Pinang mempunyai sejarah yang cukup panjang.

Bisa di bayangkan coba kondisi pada masa penjajahan, sementara warga negara Indonesia bersusah payah dengan berlumuran keringat, para Penjajah Belanda dan keluarganya tertawa terbahak-bahak melihat penderitaan Bangsa Indonesia. Sangat Malang.

Dan mungkin saat ini, pada perayaan 17 Agustus, mereka masih tertawa terbahak-bahak, menyaksikan bahwa budaya yang mereka buat dengan tujuan melecehkan Bangsa Indonesia, ternyata justru dilestratikan

Saat ini bentuk permainan ini masihg bertahan hingga sekarang, ada pihak yang tidak mempermasalahkan masalahkan sejarah permainan ini, tapi ada juga yang tidak setuju dengan budaya ini. Mungkin yaa. Kalau sejarah panjat pinang begitu menyakitkan, mengapa coba harus di lestarikan. Tapi ada beberapa kontroversi seputar Panjat Pinang.

Sementara sebagian besar Indonesia itu adalah tantangan pendidikan yang akan mengajarkan orang untuk berkerja sama dan bekerja keras dalam mencapai tujuan mereka, ada orang-orang yang mengatakan Panjat Pinang adalah tampilan merendahkan yang mengirimkan salah jenis pesan untuk pemuda Indonesia.. Indonesia Merdeka!!

#Semoga Bermanfaat
#Ask? Comment :)
#Jangan Lupa Komentarnya. :)
0 Komentar untuk "Sejarah Awal Mula Adanya Panjat Pinang"

 
Copyright © 2014 Choy Douryou - All Rights Reserved
Template By Catatan Info